TEMPO.CO, Jakarta – Planet Ban meminta para pemilik kendaraan bermotor meninggalkan ban bekas saat melakukan penggantian ban baru di toko mereka. Langkah ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dari lembah ban.

Toko ban Planet Ban telah meresmikan toko ban dan suku cadang roda dua yang ke-1.000 di Indonesia pada 24 Agustus 2022. Toko ini terletak di Perum Grand Cikarang City D12, Cikarang, Kabupaten Bekasi. Planet Ban kini fokus pada ekosistem pengendara motor di Indonesia dan berkolaborasi dengan CarbonEthics, sebuah organisasi yang memiliki visi untuk mengembalikan keseimbangan iklim.

Planet Ban dan CarbonEthics bekerja sama memproses lebih dari lima ratus limbah ban motor bekas yang akan menjadi Alat Pemecah Ombak (APO) yang membentang sepanjang 150 meter di sepanjang garis pantai Dusun Bungin, Tanjung Pakis, Kabupaten Karawang. Ban bekas ini akan diolah ulang menjadi produk yang berguna melalui kerja sama dengan pihak ketiga.

Selain itu, Planet Ban juga telah bekerja sama dengan produsen ban resmi untuk menerapkan kebijakan tanpa plastik dalam penjualan ban di lebih dari seribu outlet mereka sebagai bagian dari dukungan terhadap program pemerintah mengurangi limbah plastik.

CEO Planet Ban, Andi Harjoko, menyatakan bahwa visi perusahaan adalah menggunakan inovasi sebagai landasan utama dalam membangun bisnis yang berkelanjutan. "Planet Ban terus berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik dan mengurangi dampak negatif terhadap planet kita. Tak hanya mengurangi jumlah limbah ban yang akan berakhir di tempat pembuangan akhir, kolaborasi bersama CarbonEthics ini juga dapat mengendalikan abrasi dan melindungi pemukiman masyarakat dari gelombang laut," kata dia dalam keterangan resminya.

Upaya pengelolaan limbah ban ini merupakan bagian dari implementasi prinsip 5i (Reduksi Emisi, Konversi, Konservasi, Proteksi, dan Mediasi) yang diadopsi oleh Planet Ban dalam menjalankan bisnis berkelanjutan. Selain itu, Planet Ban telah melaksanakan sejumlah inisiatif penting untuk mendukung komitmen zero emission dan zero waste, termasuk layanan uji emisi dan servis berkala, pengelolaan limbah oli dan ban motor beserta plastik pembungkusnya, penggunaan bahan ramah lingkungan untuk suku cadang motor, serta pengembangan layanan terbaru untuk mendukung ekosistem motor listrik (Electric Vehicle) .

Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat dan relevan! 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini