Pelat nomor kendaraan merupakan atribut wajib yang harus dipasang di depan dan belakang motor atau mobil, sesuai dengan peraturan yang diberlakukan oleh Kepolisian. Namun, ketika pelat rusak atau hilang, masyarakat memiliki dua pilihan: membuat pelat di pinggir jalan atau secara resmi di Samsat. Mari kita bandingkan kedua opsi ini.

Harga Tidak Terlalu Jauh

Berdasarkan penelusuran tim detikcom, harga pembuatan pelat di pinggir jalan dan di Samsat tidak terlalu berbeda. Satu pasang pelat kendaraan roda dua di pinggir jalan dihargai sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu, sedangkan di Samsat, harga untuk sepeda motor adalah Rp 60 ribu. Begitu pula untuk roda empat, di pinggir jalan harganya sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 110 ribu, sedangkan di Samsat, harga untuk mobil adalah Rp 100 ribu.

Kelebihan Membuat Pelat di Pinggir Jalan

Meskipun harga di pinggir jalan tidak terlalu jauh berbeda, beberapa orang lebih memilih membuat pelat di sana dengan alasan-alasan berikut:

  1. Bisa Bikin Satuan: Meskipun pembuatan pelat di pinggir jalan sedikit lebih mahal, di sini bisa melayani pembuatan pelat satuan. Sementara di Samsat, hanya melayani pembuatan sepasang pelat dan tidak bisa satuan. Hal ini membuat jasa di pinggir jalan lebih disukai karena lebih hemat.

  2. Lebih Simpel Tanpa Mengurus Administrasi: Menggunakan jasa pembuatan pelat nomor di pinggir jalan tidak memerlukan urusan administrasi yang kadang melelahkan seperti mengajukan pembuatan pelat resmi di Samsat. Bahkan banyak jasa pembuatan pelat di pinggir jalan yang melayani pembuatan pelat walaupun nomornya berbeda dengan di surat-surat kendaraan. Meski begitu, ada penjual jasa yang mengatakan, "Ya kalo bisa sama STNK tapi kan kalau motor baru asalan nomornya, kalau ada STNK mending sama".

  3. Lebih Rapi: Beberapa masyarakat mengeluhkan pembuatan plat resmi di Samsat tidak rapi, catnya belepotan, atau ‘bikinnya ngasal’. Ini menjadi pertimbangan menarik dalam perdebatan ini.

Kesimpulan

Kesimpulannya, baik membuat pelat di pinggir jalan maupun di Samsat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Ingat untuk selalu mematuhi peraturan dan menjaga kualitas pelat nomor kendaraan Anda! 🚗🏍️

Perbandingan Bikin Pelat di Pinggir Jalan dengan Resmi di Samsat, Mending Mana?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini