Kondisi jalan di Indonesia tidak selalu landai. Banyak dataran tinggi dijumpai di Tanah Air, oleh sebab itu masih banyak jalan menanjak. Padahal, tidak semua mobil bisa dengan mudah melibas tanjakan seperti mobil-mobil modern dengan transmisi matik. Memaksakan mobil matik untuk melibas suatu tanjakan ekstrem dalam durasi cukup lama dapat menyebabkan transmisi overheat dan memicu kerusakan.

Jamaludin, Kepala Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI), menjelaskan bahwa overheat pada transmisi matik terjadi karena adanya perbedaan putaran antara mesin dan laju kendaraan. Ketika putaran mesin atau RPM tinggi dan terjadi selip di dalam torque converter, oli transmisi akan menjadi lebih panas. Oleh karena itu, diperlukan pendinginan yang memadai. Berbeda dengan transmisi manual, transmisi matik membutuhkan oli dengan suhu kerja stabil agar kekentalan oli cukup untuk bekerja pada putaran maksimal namun tidak sampai merusak.

Komponen-komponen transmisi matik, seperti clutch dan brake, bisa rusak jika suhu oli di atas ambang batas. Pengemudi sebaiknya tidak memaksakan mobil matik dengan membuat mesin berputar terlalu kencang namun laju mobil pelan, terutama saat melibas tanjakan atau menerima beban berat. Untuk mengantisipasi hal ini, transmisi matik dilengkapi dengan pendingin oli yang mengambil dari sistem pendingin mesin. Harapannya, oli matik tidak cepat mengalami overheat. Selain itu, pada transmisi matik juga terdapat sensor suhu oli yang memberikan informasi ke transmission control module (TCM) dan mengamankan komponen ketika terjadi panas berlebih dengan membatasi performanya.

Jadi, bagi pengemudi mobil matik, sebaiknya tidak membebani transmisi dengan membuat putaran mesin tinggi sementara laju mobil pelan dalam waktu yang lama. Semakin banyak selisih putaran mesin dengan kecepatan kendaraan, suhu oli transmisi semakin mudah naik, terutama saat memaksakan mobil melibas tanjakan ekstrem. Ingatlah untuk mengemudikan mobil matik dengan bijaksana dan memperhatikan kondisi jalan serta kapasitas mesin agar tetap aman dan nyaman di perjalanan. 🚗💨

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini