Pada tanggal 20 Oktober 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk periode 2024-2029. Pertanyaan yang muncul adalah apakah mereka akan menggunakan mobil dinas kepresidenan bertenaga listrik?

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah. Instruksi ini mengarahkan seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Kabinet, Kepala Staf Kepresidenan, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, para kepala lembaga pemerintah non-kementerian, para pimpinan kesekretariatan lembaga negara, para gubernur, serta para bupati/wali kota untuk mempertimbangkan pengadaan kendaraan listrik dalam skema pembelian, sewa, atau konversi.

Selain itu, jalanan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara juga akan mengharamkan kendaraan berbahan bakar fosil, hanya memperbolehkan kendaraan yang ramah lingkungan. Dengan instruksi presiden tersebut dan ketentuan baru di IKN, kemungkinan besar kendaraan dinas presiden selanjutnya akan memakai mobil listrik berbasis baterai.

Namun, hingga saat ini, mobil kepresidenan belum berubah menjadi mobil listrik. Mobil kepresidenan yang saat ini digunakan adalah Mercedes-Benz S 600 Guard dengan mesin berkonfigurasi V12. Meski begitu, mengingat usianya yang masih tergolong muda (dibeli pada tahun 2019), Prabowo dan Gibran mungkin akan menggunakan mobil kepresidenan yang sudah ada sebelum beralih ke kendaraan listrik. Terlebih lagi, saat menjabat Wali Kota Solo, Gibran telah menolak menggunakan mobil listrik.

Bahkan, pada saat mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Prabowo dan Gibran diarak menggunakan mobil buatan PT Pindad, yaitu Maung, yang memiliki pelat bertuliskan "Bangga Buatan Indonesia" [2]. Jadi, meskipun kendaraan listrik menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan, keputusan akhir mengenai penggunaan mobil dinas oleh Prabowo dan Gibran masih menunggu.

Semoga informasi ini membantu! 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini