Pada tanggal 7 April 2024, sebuah kecelakaan maut terjadi di jalur contraflow KM 58+600 ruas jalan tol Jakarta-Cikampek. Insiden ini melibatkan tiga kendaraan dan mengakibatkan 12 orang tewas. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) saat ini masih mengidentifikasi faktor penyebab kecelakaan tersebut.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyarankan agar masyarakat yang merasa lelah saat mengemudi untuk segera beristirahat. Beliau menekankan pentingnya mengatur aktivitas perjalanan dan memanfaatkan tempat istirahat yang telah disediakan atau masuk ke jalur arteri jika rest area penuh.

Evaluasi atas kebijakan contraflow sedang dilakukan, dengan kemungkinan perubahan menjadi one way di beberapa titik, sementara di titik lain tetap contraflow berdasarkan kebutuhan di lapangan. Penggunaan data, termasuk rekaman dashcam dari kendaraan lain, akan dimanfaatkan dalam proses evaluasi ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hendro Sugiatno juga mengimbau pemudik untuk mengutamakan keselamatan dan beristirahat jika merasa kelelahan. Beliau menyarankan istirahat maksimal 30 menit di rest area atau keluar tol untuk mencari tempat istirahat yang lebih nyaman.

Kecelakaan ini menjadi pengingat bagi kita semua tentang pentingnya keselamatan dalam berkendara. Mari kita ambil pelajaran dari insiden ini dan selalu utamakan keselamatan dengan beristirahat yang cukup selama perjalanan mudik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini