GridOto.com – Di era pandemi seperti sekarang, kebersihan dan kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk lingkungan sekitar, termasuk mobil yang kita gunakan sehari-hari.

Mobil yang sering dipakai tentu akan kotor, baik di bagian eksterior maupun interior. Kotoran dan debu yang menempel di kabin mobil bisa membuat udara di dalamnya tidak sehat, apalagi jika AC mobil dinyalakan.

Untuk itu, banyak tempat cuci mobil yang menawarkan jasa cuci mobil plus vacuum interior. Vacuum interior adalah proses penyedotan debu dan kotoran yang ada di karpet, jok, dasbor, atau bagian-bagian lain di dalam kabin mobil.

Tujuan dari vacuum interior adalah untuk membuat kabin mobil lebih bersih dan nyaman. Selain itu, vacuum interior juga bisa menjaga kesehatan pengemudi dan penumpang, karena mengurangi partikel kotoran yang bisa berterbangan di udara kabin.

"Vacuum interior juga terkait dengan kenyamanan. Sebagian besar aktivitas pemilik mobil adalah di dalam kabin saat mengemudi. Dalam dunia detailing, interior yang bersih memberikan kenyamanan lebih saat mobil dikemudikan," kata Tommy, pemilik workshop detailing DressUp Autodetailer, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Proses vacuum interior biasanya dilakukan setelah cuci mobil eksterior. Namun, ada juga tempat cuci mobil yang menyediakan vacuum interior secara terpisah, tanpa harus mencuci mobil terlebih dahulu.

Salah satunya adalah Turbo Wash, tempat cuci mobil otomatis yang baru dibuka oleh Autoglaze di BSD, Tangerang Selatan. Di sini, pelanggan bisa memilih paket cuci mobil otomatis yang hanya membutuhkan waktu 4-9 menit, atau paket vacuum interior yang dilakukan secara manual oleh petugas.

"Kami menyediakan vacuum interior sebagai pilihan tambahan bagi pelanggan yang ingin membersihkan kabin mobil mereka. Vacuum interior ini bisa dilakukan tanpa harus cuci mobil terlebih dahulu, jadi bisa menghemat waktu dan biaya," ujar Rizky, manager Turbo Wash.

Tarif untuk vacuum interior di Turbo Wash adalah Rp 25.000 untuk mobil kecil, Rp 35.000 untuk mobil sedang, dan Rp 45.000 untuk mobil besar. Vacuum interior ini meliputi penyedotan debu dan kotoran di karpet, jok, dasbor, konsol, dan pintu.

"Kami menggunakan vacuum cleaner yang khusus untuk mobil, yang memiliki daya hisap yang kuat dan bisa menjangkau sudut-sudut sempit di kabin. Kami juga menggunakan alat pelindung seperti sarung tangan dan masker untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kami dan pelanggan," tambah Rizky.

Vacuum interior memang menjadi salah satu cara untuk merawat kabin mobil agar tetap bersih dan nyaman. Namun, vacuum interior saja tidak cukup. Perawatan AC mobil juga perlu diperhatikan, karena AC mobil berfungsi untuk menyaring dan mengatur sirkulasi udara di kabin.

"Perawatan AC mobil juga penting, karena AC mobil bisa menjadi sarang bakteri dan jamur jika tidak dibersihkan secara rutin. Bakteri dan jamur ini bisa menyebabkan bau tidak sedap, alergi, atau gangguan pernapasan. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk melakukan servis AC mobil setiap 6 bulan sekali," ujar Tegar Pribadi, pemilik workshop detailing Aegis Autodetailing, Depok, Jawa Barat.

Servis AC mobil meliputi pembersihan filter AC, evaporator, blower, dan saluran AC. Selain itu, penggantian freon dan oli kompresor juga perlu dilakukan jika diperlukan. Servis AC mobil bisa dilakukan di bengkel resmi, bengkel AC mobil, atau workshop detailing yang menyediakan layanan tersebut.

Dengan melakukan vacuum interior dan servis AC mobil secara rutin, kita bisa menjaga kebersihan dan kenyamanan kabin mobil kita. Selain itu, kita juga bisa menjaga kesehatan diri kita dan orang-orang yang kita sayangi. Mari bersama-sama menjaga kebersihan dan kesehatan di masa pandemi ini. (Copilot)

Banyak Tempat Cuci Mobil Sediakan Vacuum Interior Buat Ini Tujuannya
Autoglaze Buka Turbo Wash, Cuci Mobil Otomatis Cuma 7 Menit Aja Gaes
Banyak Tempat Cuci Mobil Sediakan Vacuum Interior Buat Ini Tujuannya atau Banyak Tempat Cuci Mobil Sediakan Vacuum Interior Buat Ini Tujuannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini