Motor listrik semakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, terutama di tengah isu-isu lingkungan dan efisiensi energi. Salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, menghadirkan banyak produk motor listrik dari berbagai merek, baik lokal maupun internasional.

Salah satu motor listrik yang menarik perhatian pengunjung adalah NEU Green, motor listrik sport buatan lokal yang diproduksi oleh VMove, sebuah pabrikan yang berbasis di Gresik, Jawa Timur. NEU Green memiliki desain yang sporty dan elegan, dengan inspirasi dari motor sport klasik khas Italia, seperti Ducati Panigale V4R .

NEU Green tidak hanya menarik perhatian pengunjung, tetapi juga salah satu calon wakil presiden di Pemilu 2024, yaitu Gibran Rakabuming Raka. Gibran diketahui pernah menggunakan motor listrik ini saat menghadiri kampanye akbar di Gelora Bung Karno (GBK) pada 10 Februari 2024 . Gibran memesan motor listrik ini secara spesifik dengan mengubah warnanya menjadi biru muda, sesuai dengan warna partainya.

Spesifikasi NEU Green

NEU Green memiliki dimensi yang mirip dengan motor sport berkubikasi 250 cc, dengan wheelbase panjang dan body yang cukup besar. Motor listrik ini dibekali dengan baterai LFP (Lithium Iron Phosphate) lansiran Gotion dengan kapasitas 70 V 60 Ah . Baterai ini diklaim mampu memberikan jarak tempuh sejauh 150 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh .

Baterai tersebut dikawinkan dengan dinamo berjenis hub-drive berkekuatan 5 Kilowatt, yang mampu menghasilkan kecepatan maksimal 150 km/jam . Tenaga yang dihasilkan hampir sama dengan motor konvensional berkubikasi 250 cc. Motor listrik ini juga dilengkapi dengan suspensi teleskopik di depan dengan ban berukuran 110/70-R17 yang dipadukan dengan rem cakram ganda. Sementara kaki kaki belakangnya menggunakan suspensi tunggal dengan ban 160/60-R17 dengan pengereman cakram tunggal.

Harga dan Pemesanan NEU Green

NEU Green sudah bisa dipesan dengan harga Rp 70 juta, tetapi harus inden beberapa waktu karena gelombang pertama sudah ludes terjual. Indra Novint Noviansyah, Marketing Director Neu Green, mengatakan bahwa pihaknya sedang menyiapkan gelombang kedua untuk memenuhi permintaan pasar. Ia juga mengatakan bahwa NEU Green merupakan produk yang ramah lingkungan dan berkualitas tinggi, yang cocok untuk generasi muda yang peduli dengan isu-isu sosial dan lingkungan.

NEU Green merupakan salah satu contoh dari kemajuan industri otomotif lokal, khususnya di sektor motor listrik. Motor listrik ini menunjukkan bahwa produk lokal bisa bersaing dengan produk internasional, baik dari segi desain, performa, maupun harga. NEU Green juga menjadi bukti bahwa motor listrik bisa menjadi pilihan transportasi yang efisien, aman, dan nyaman, tanpa mengorbankan gaya dan kecepatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini