Mantan presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang baru saja dilantik sebagai Menteri ATR/BPN, melakukan kunjungan ke karoseri Adiputro di Malang, Jawa Timur. Mereka berdua terlihat terpesona dengan salah satu produk spesial karoseri Adiputro, yaitu Big Benz Commander, yang berbentuk seperti bus militer.

SBY dan AHY datang ke karoseri Adiputro dengan menggunakan bus Adiputro lainnya, yang sudah menjadi milik SBY sejak lama. Bus tersebut memiliki kaca depan single dan menggunakan sasis Mercedes-Benz. SBY dan AHY ditemani oleh Direktur PT Adiputro Wirasejati, David Jethrokusumo, saat berkeliling melihat produk-produk bodi bus buatan Adiputro.

Salah satu bus yang menarik perhatian SBY dan AHY adalah Big Benz Commander, yang diluncurkan pada Juni 2023 lalu. Bus ini memiliki warna bodi abu-abu gelap yang mencerminkan kesan tangguh dan sangar, layaknya kendaraan militer. Bus ini juga dilengkapi dengan lampu-lampu LED di bagian depan dan belakang, serta ban berukuran besar.

Namun, yang membuat bus ini spesial adalah interior yang berbeda 100% dari tampilan luarnya. Di dalam bus ini, terdapat 8 kursi berukuran jumbo bergaya ala captain seat dengan sandaran tangan, dan sudah dilengkapi bantal, serta AVOD (Audio Video On Demand). Selain itu, bus ini juga memiliki ruang kabin terpisah di belakang, yang terdiri dari dua kursi sofa kecil yang saling berhadapan, ruang tidur sederhana, toilet, dan mini pantry.

SBY dan AHY tampak antusias melihat bus Big Benz Commander ini. Mereka berdua sempat masuk ke dalam bus dan mencoba beberapa fasilitas yang ada. SBY dan AHY juga berfoto bersama dengan bus ini, yang kemudian diunggah oleh Adiputro di kanal YouTube resminya.

Big Benz Commander merupakan bus spesial yang dibuat oleh karoseri Adiputro untuk memenuhi permintaan pasar yang menginginkan bus dengan tampilan unik dan berbeda dari yang lain. Bus ini menggunakan sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542, yang memiliki mesin berkapasitas 11.967 cc dan tenaga 420 hp. Bus ini juga memiliki panjang 13,5 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 4 meter.

Karoseri Adiputro sendiri merupakan salah satu karoseri bus terbesar dan terkemuka di Indonesia, yang sudah berdiri sejak tahun 1973. Karoseri ini telah memproduksi berbagai jenis bodi bus, mulai dari bus pariwisata, bus antar kota, bus antar provinsi, hingga bus double decker. Karoseri ini juga terkenal dengan desain-desain busnya yang modern dan elegan, seperti Jetbus, Jetliner, Jetbus 2, Jetbus 3, Jetbus 5, dan Jetbus HD.

Sumber: detikoto, detikNews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini